Evaluasi

Pada hari kamis tanggal 16 Desember 2017, kami sekelompok sampai bersama pada pukul 17:50 menuju Panti Asuhan Al-abror. Sesampainya disana kami bercanda tawa bersama anak – anak Panti Asuhan Al-abror yang ada disana, kebanyakan adalah dengan anak – anak yang pernah kami ajar sebelumnya karena kami sudah saling kenal dan nyaman satu sama lain. Setelah itu kami berkumpul di dalam masjid Panti Asuhan Al-abror untuk melakukan evaluasi materi tentang kejujuran serta pentingnya berprilaku baik dan peduli terhadap sesama.

Saat sudah berkumpul, kami seperti biasa langsung tertawa bersama, bercanda dan memberikan pertanyaan-pertanyaan ringan untuk mereka dalam pembentukan sikap jujur dan kepedulian juga berprilaku baik terhadap sesama. Contoh pertanyaannya seperti ” prilaku baik apa yang udah kamu lakuin hari ini? ” dan memberitahukan bahwa bohonh itu tidak benar, dan memberikan ayat Al-Quran yang membahas tentang kejujuran dan berprilaku baik. Contohnya Surat An-Nahl ayat 105

إِنَّمَا يَفْتَرِي الْكَذِبَ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْكَاذِبُونَ

“Sesungguhnya yang mengadakan kebohongan ialah orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah dan mereka adalah orang yang pendusta.”

Umat Islam memiliki kitab suci Al-Quran dan sudah sepatutnya kita menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam hidup, karena itulah kita harus percaya pada ayat Al-Quran termasuk ayat yang menganjurkan kita untuk selalu bersikap jujur dan tidak berdusta.

Selama mengajar dan memberikan materi di Panti Asuhan Al-abror kami dapat banyak sekali pembelajaran dari anak-anak tersebut yang secara tidak langsung membuat kami sadar bahwa seberapa sikap\sifat kami yang kurang baik daripada mereka yang masih melakukan sesuatu dengan jujur dan dengan hati, memiliki sifat ketulusan untuk membantu dan berprilaku baik.

 

Kami sangat berterima kasih kepada pihak Panti Asuhan Al-abror karena telah memberikan kami sekelompok kesempatan untuk mengajar serta bermain dengan anak – anak di Panti Asuhan Al-abror, kami sangat senang dan juga terharu atas sikap serta kebaikan yang mereka ungkapkan kepada kami. Kami selaku kalompok 4 CB dari mahasiswa Universitas Bina Nusantara mengucapkan teima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *