Berperilaku Baik

Kenapa kita harus berperilaku baik? Bersikap baik adalah salah satu cara utama untuk memberikan makna kepada kehidupan kita dan orang lain. Bersikap baik memungkinkan kita berkomunikasi dan mengasihi orang lain dengan lebih baik, dan juga berdampak positif kepada kehidupan orang lain. Kebaikan itu tertanam di dalam diri Anda, dan walaupun sebagian orang sudah memiliki sifat yang baik, namun sifat ini sesuatu yang bisa dikembangkan jika mau oleh siapa pun. 

 

Kami melanjutkan kegiatan untuk yang ketiga kalinya. Pada pertemuan ini, kegiatan yang kami lakukan adalah bertanya kepada masing-masing anak secara personal, prilaku baik apa yang kalian laukan dihari ini? ada yang menjawab, membelikan teman minum, meminjamkan pensil, menggendong temannya dan meminjamkan sendalnya.

 

Saat kami melontarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, mereka menjawab dengan semangat, ada yang malu-malu ada yang tertawa terbak-bahak dengan teman sebelahnya. Sikap baik dan peduli terhadap sesama, bisa kita ambil dari jawaban anak-anak tersebut, meskipun mungkin itu adalah hal kecil, namun dihari itu mereka semua membuktikan bahwa mereka semua melakukan nilai kebaikan kepada sesama dan kepedulian kepada sesama.

 

Pengalaman yang kami ambil dari Panti Asuhan Al-abror terutama dari anak-anak yang sangat ceria disetip pertemuan adalah, pertama tentu kita harus bersyukur dan jangan banyak mengeluh dengan kehidupan dan kekurangan yang kita punya. Kedua yaitu, kita harus mempunyai sifat seperti mereka, sifat alami yang sudah ada didalam hati mereka untuk memerlihatkan nilai-nilai kebaikan dan kepedulian terhadap sesama. Ketiga, mereka adalah anak-anak yang rajin ibadah, diluar dari kegiatan kami, mereka memiliki kegiatan sendiri yaitu sholat berjamaah dan menghafal Al-Quran. Dari situ meskipun kami memiliki agama yang berbeda, namun hikmah yang bisa kita ambil tetap sama, yaitu rajin ibadah untuk menghadap tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *