Survey

Pada kesempatan kali ini, kami mendapat project Character Building (CB): Kewarganegaraan (Agama).  Project kali ini kami rencanakan berjalan selama 5 minggu, dengan waktu yang sudah ditergetkan. Tema project CB kali ini adalah tentang kepedulian sosial. Kegiatan yang akan kami berikan kepada anak-anak itu adalah kejujuran dan perduli terhadap sesama.

Setelah melakukan beberapa survei ke beberapa tempa, kami memilih Panti Asuhan Al-abror di Jakarta Barat. Lokasinya yang terbilang cukup dekat dari Kampus dan cukup mudah diakses menjadi sekian dari banyak faktor mengapa kami memilih tempat ini.

Kemudian, kami melakukan kegiatan pertama, yaitu survei lokasi project CB di Panti Asuhan Al-abror secara berkelompok pada hari Jumat, 11 November 2017 pukul 13:15. Saat sudah berada di Panti Asuhan Al-abror ternyata tidak ada jam siang, adanya jam malam, yaitu jam 18:00 sampai selesai. Survei kami mulai dengan bertemu salah satu pengurus sekaligus pengajar Panti Asuhan Al-abror yaitu Pak Matropi selaku yang punya yayasan. Setelah bertemu beliau, kami segera menyampaikan maksud tujuan kami dan permohonan izin untuk kegiatan yang akan kami lakukan. Kemudian, kami menanyakan beberapa hal tentang kegiatan yang akan kami lakukan dan kami mendapat sambutan juga respon yang sangat baik.

Setelah meminta permohonan izin, kami dipandu oleh Bpk. Aziz selaku anak dari pemilik yayasan Panti Asuhan Al-abror, kami pun menentukan materi dan kegiatan apa yang akan kami sampaikan kepada anak-anak nantinya. Ternyata disana kebanyakan masih duduk di Sekolah Dasar, dari kelas 1 SD sampai dengan 2 SMP. Pak Aziz mengatakan, ada anak-anak yang suka menggambar, mengaji, mengahafal Al-Quran, dsb.

Pertama kali melihat anak-anak didalam Masjid setelah sholat maghrib, mereka langsung berkumpul, ada yang mengaji, mengerjakan pekerjaan rumah, dan menggambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *