Time Management

Pada pertemuan pertama, walaupun hanya sebagian dari anggota kelompok yang dapat hadir dalam observasi kegiatan sosialisasi tentang kejujuran ini, kami memutuskan untuk langsung ke Panti Asuhan Al-abror  yang bertempat di Jl. Muala No. 74-A, Rt 001 Rw 12, Palmerah. Pertama-tama kami menanyakan apakah kami bisa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang kejujuran di Panti Asuhan Al-abror ini, dan pengurus Panti Asuhan Al-abror, Pak Aziz,  dengan senang hati menerima proposal yang kami ajukan untuk kegiatan tersebut.

Kami menyerahkan surat izin untuk menyelanggarakan kegiatan di Panti Asuhan Al-abror tersebut pada jam 13:15-14:00. Pertemuan kedua ini tidak berlangsung lama karena kami hanya datang untuk menyerahkan surat izin dan sedikit berbincang untuk mengadakan kegiatan sosialisasi ini dan juga untuk melalukan observasi terhadap anak-anak yang ada di Panti Asuhan Al-abror tersebut. Ternyata sebagian besar dari anak-anak tersebut adalah murid Sekolah Dasar. Setelah berdiskusi tentang apa yang ingin kami bagikan kepada mereka, Pak Aziz pun setuju dengan ide kami dengan mengatakan, ”Saya setuju dengan kegiatan kalian ini, anak-anak di Panti Asuhan Al-abror senang jika ada mahasiswa yang datang kesini, apalagi ada materi menggambar”.

Kami langsung memulai kegiatan pada jam 18:00. Beliau mengatakan bahwa pada sekitar jam 18:00 akan ada banyak anak-anak yang datang dan  berkumpul di Masjid Al-abror , dan dengan banyaknya anak-anak yang datang beliau berpikir bahwa alangkah bagusnya bila mereka ikut serta dalam kegiatan yang kami lakukan ini. Pertama-tama kami memulai kegiatan dengan memperkenalkan diri masing-masing dilanjutkan dengan menyampaikan materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Karena tidak semua anak akan duduk diam mendengarkan kami, maka kami menggunakan cara yang menarik perhatian mereka. Lalu kami menjelaskan tentang apa itu kejujuran, pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara mengakplikasikannya pada sesama teman, keluarga, dan masyarakat.

Kami melanjutkan sosialisasi kami tentang pentingnya mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya kami bertanya apa saja kegiatan mereka disini, kebanyakan mereka menjawab akan langsung menghafal Al-Quran, bermain, menggambar, mengerjakan tugas rumah.

Kami sampai di Al-abror dan mulai mengevaluasi anak-anak dengan cara menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan kejujuran dan berprilaku baik. Saat mengajukan pertanyaan, mereka sangat antusias menjawab pertanyaan tersebut dengan cara menjunjuk tangan tinggi-tinggi agar bisa dipilih untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Hasilnya, mereka menerima apa yang kami sampaikan dengan sangat baik, mereka menjawab semua pertanyaan dengan tepat dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *